Bahasa Indonesia
中学生

tolong buatin teks tanggapan dari buku ini dong
konteks udah
buatin deskripsi teks,penilaian

un ilk in 9 REPTIL PANTAI Salah satu di antara reptil pantai adalah penyu. Jenis penyu laut yang dikenal manusia cukup banyak, di antaranya penyu kulit, merupakan penyu terbesar. Bahkan, ukuran panjangnya ada yang sama dengan ukuran manusia dewasa serta memiliki berat sekitar 500 kg. Makanannya adalah cumi-cumi dan ikan. Selain itu, ada penyu balok yang menyukai crustacea, echinodermata, dan mollusca sebagai makanannya. Selanjutnya dikenal pula jenis penyu yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil, yaitu penyu ridley dan penyu elang. Jenis penyu ridley lebih menyukai crustacea sebagai makanannya, sedangkan jenis penyu elang menyukai crustacea dan ubur-ubur karena mampu mengatasi sengatan ubur-ubur. Ada pula jenis penyu hijau berkulit licin yang panjang tubuhnya dapat mencapai satu meter lebih makanannya adalah rumput dan tumbuhan laut. Penyu balok. Penyu ridley. Penyu elang.
Penyu hijau. Penyu kulit. Jenis penyu hijau banyak diburu oleh manusia karena selain telurnya dapat dikonsumsi atau dimakan juga dagingnya dapat dijadikan masakan sup yang sangat lezat. Kulit penyu banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk dijadikan bahan hiasan rumah tangga dan pelengkap aksesoris bagi manusia. Pada musim bertelur, banyak penyu khususnya jenis penyu hijau menuju pantai untuk bertelur. Biasanya mereka melakukannya pada malam hari. Secara perlahan-lahan penyu menyeret tubuhnya yang berat mencari pasir yang cukup aman untuk bertelur. Penyu membuat sebuah lubang sedalam sekitar satu meter dengan menggunakan kaki belakangnya. Setelah itu, bertelurlah penyu hijau sampai 200 butir. Telurnya berwarna putih dan berselaput kulit liat. Lubang yang telah berisi telur itu ditimbun kembali dengan pasir. Setelah itu, induk penyu kembali ke laut. Sekitar dua bulan kemudian telur-telur penyu itu menetas, dan muncullah anak penyu yang berukuran sebesar telapak tangan dan berlomba-lomba menuju pantai untuk selanjutnya. hidup dan besar di laut. Ada kalanya sebelum menetas, telur-telur penyu itu dimangsa oleh binatang lain atau diambil oleh manusia. Kalaupun menetas, banyak pula anak penyu itu mati dan menjadi mangsa kepiting, burung fregat, bangau malam,
anjing, burung layang-layang, dap pemangsa lainnya. Dari sekitar 100 ekor yang menetas yang selamat dari sang pemangsa dan sampai di laut hanya beberapa ekor. Selain penyu laut, reptil pantai lainnya adalah kadal pantai. Jenis kadal pantai ini cukup banyak, di antaranya tokek Pulau Malpelo, Colombia yang senang memangsa kepiting sebagai makanannya. Dikenal pula sejenis kadal yang disebut iguana laut yang hidup di Kepulauan Galapagos yang khas berkulit hitam dan berukuran besar. Iguana laut sangat menyukai berjemur di atas bebatuan. Makanannya itu mencari berupa rumput laut dan tumbuhan yang tumbuh di atas bebatuan. Jenis kadal iguana laut.
teks tanggapan kelas 9
PromotionBanner

回答

まだ回答がありません。

疑問は解決しましたか?