Biology
高校生
解決済み

Jelaskan ciri-ciri umum Algae!

回答

✨ ベストアンサー ✨

Ciri-ciri umum algae (ganggang):

1) Termasuk organisme eukariotik.
2) Memiliki sifat fotoautotrof, yaitu membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintetis. Hal ini karena semua algae memiliki mesin fotosintesis yang dianggap berasal dari cyanobacteria, dan menghasilkan oksigen sebagai produk sampingan dari fotosintesis.
3) Terdapat klorofil serta pigmen fotosintetik lainnya.
4) Memiliki pirenoid (dapat menyimpan cadangan makanan).
5) Memiliki sifat uniseluler / multiseluler.
6) Mempunyai dinding sel / tidak.
7) Termasuk soliter / berkoloni, dengan mengapung dekat permukaan air.
8) Dapat bergerak dan tidak bergerak.
9) Termasuk metagenesis / tidak.
10) Dapat hidup dengan bebas, atau tidak dapat hidup dengan bebas, dengan cara bersimbiosis dengan jamur membentuk lichen. Selain itu, algae dapat bertahan dari kekeringan dan kondisi lain dengan membentuk simbiosis dengan jamur sebagai lumut.

bellclsthic

11) Termasuk dalam golongan thalophyta, karena pada tubuh ganggang (Algae) tidak dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun, serta tubuh berupa talus.
12) Berkembang biak secara seksual dan aseksual, berupa pembelahan biner sederhana, fragmentasi atau spora. Reproduksi seksual dijumpai di antara alga, dalam proses ini terdapat konyugasi gamet (sel seks) sehingga menghasilkan zigot. Serta reproduksi secara seksual, dengan konjugasi, singami, anisogami.
13) Pertumbuhan algae berlangsung cepat di air yang diam dengan bantuan sinar matahari. Hal ini disebabkan phosphat dan Nitrat dalam air dapat mendukung pertumbuhan Algae.
14) Memiliki habitat di perairan baik di air tawar maupun di air laut, serta tempat lembab lainnya. Dan dapat menempel di bebatuan (epilitik), tanah / lumpur / pasir (epipalik), menempel pada tumbuhan (epifik), dan menempel tubuh hewan (epizoik).

bellclsthic

Beberapa spesies algae hidup pada salju dan es di daerah-daerah kutub dan puncak-puncak gunung, bahkan dalam sumber air panas.
15) Selain itu, algae juga dapat ditemukan di terestrial / daratan. Algae terestrial biasanya agak mencolok dan jauh lebih umum tinggal di daerah yang lembab, daerah tropis daripada yang kering, karena algae tidak memiliki jaringan pembuluh angkut dan adaptasi lain untuk hidup di darat.
16) Algae (ganggang) memiliki tiga macam pigmen fotosintetik yaitu klorofil, karotenoid, dan fikobilin (ketiganya terdapat dalam kloroplas). Sebagai hasil fotosintetiknya, algae menyimpan berbagai produk makanan cadangan sebagai granul atau globul dalam sel-selnya.
17). Algae dapat menyimpan macam-macam karbohidrat, minyak bahkan lemak.

この回答にコメントする

回答

1. Termasuk organisme eukariotik.
2. Memiliki sifat fotoautotrof (berfotosintetis)
3. Terdapat klorofil dan pigmen fotosintetik lainnya.
4. Memiliki pirenoid atau dapat menyimpan cadangan makanan.
5. Memiliki sifat uniseluler atau multiseluler Mempunyai dinding sel
atau tidak Termasuk Soliter.

この回答にコメントする
疑問は解決しましたか?