Civics
中学生
解決済み

Sebutkan tokoh yang mengusulkan rumusan Dasar Negara dalam sidang pertama BPUPKI beserta rumusannya!

回答

✨ ベストアンサー ✨

Yang mengusulkan rumus Dasar Negara dalam sidang pertama BPUPKI adalah

1. Muhammad Yamin (29 Mei 1945)
mengusulkan rumusan Dasar Negara yaitu :
a. Peri Kebangsaan
b.Peri Kemanusiaan
c.Peri Ketuhanan
d.Peri Kerakyatan
e.Kesejahteraan Sosial

2. Soepomo ( 31 Mei 1945)
Mengusulkan rumusan Dasar Negara, yaitu :
a. Persatuan
b. Kekeluargaan
c. Keseimbangan lahir dan batin
d. Musyawarah
e. Keadilan Rakyat

3. Ir. Soekarno ( 1 Juni 1945)
a. Kebangsaan Indonesia
b. Internasionalisme dan peri kemanusiaan
c. Mufakat dan demokrasi
d. Kesejahteraan Sosial
e. Ketuhanan yang Maha Esa

Semoga bisa bermanfaat!! 💛💛

ppkn pancasila perumuspancasila
この回答にコメントする
PromotionBanner

回答

sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu BPUPKI. kepanjangan dari BPUPKI adalah Badan Penyelidik Usaha - Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. BPUPKI bertugas menyelidiki rencana - rencana kesiapan bangsa Indonesia dalam menyongsong kemerdekaan dan membentuk pemerintahan sendiri. BPUPKI resmi dibentuk pada tanggal 29 april 1945 dan pelantikan anggota nya pada tanggal 28 mei 1945. sidang BPUPKI pertama dilaksanakan pada tanggal 29 mei - 1 juni 1945. agenda pokoknya, pembahasan tentang dasar negara Indonesia.

tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara dalam sidang BPUPKI pertama ada 3 yaitu :

1) Mr. Mohammad Yamin
mr. mohammad yamin menyampaikan pidato mengenai dasar negara pada tanggal 29 mei 1945. beliau menyampaikan rumusan secara lisan dan secara tertulis.
a. rumusan secara lisan :
1. peri kebangsaan
2. peri kemanusiaan
3. peri ketuhanan
4. peri kerakyatan
5. kesejahteraan rakyat

sasstuds_

b. rumusan secara tertulis :
1. ketuhanan yang maha esa — menjadi dasar negara karena ada pengakuan terhadap tuhan yang maha esa dalan arti yang satu, dengan prinsip monoteisme bukan ateisme atau yang lain.
2. kebangsaan persatuan indonesia — yang digunakan untuk dasar negara yaitu adanya kebangsaan atau nasionalisme yang berpersatuan, dalam arti unitarisme bukan kebangsaan yang federal.
3. rasa kemanusiaan yang adil dan beradab — menjadi dasar negara karena ada sifat universal dan pengakuan bahwa semua manusia dan setiap makhluk hidup di dunia adalah makhluk tuhan.
4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaran perwakilan — kerakyatan atau demokrasi digunakan sebagai dasar negara bila seluruh anggota masyarakat dilibatkan dalam mengatur roda pemerintahan.
5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia — digunakan sebagai dasar negara karena diharapkan keadilan yang luas untuk membuat segenap masyarakat dan bangsa mendapat arti kehidupan yang

sasstuds_

berkesejahteraan.

2) Prof. Mr. Dr. Soepomo
Prof. Mr. Dr. Soepomo menyampaikan pidato yang berkaitan dengan asas dan dasar negara Indonesia merdeka pada tanggal 31 mei 1945.
- rumusan yang diusulkan oleh Prof. Mr. Dr. Soepomo :
1. persatuan indonesia — artinya negara bersatu secara totaliter atau integralistik tanpa mempertimbangkan kepentingan individual
2. kekeluargaan — artinya semacam berkebudayaan Indonesia yang murni dan bersifat ketimuran
3. keseimbangan lahir batin
4. musyawarah — dalam arti pemerintahan dilaksanakan melalui badan badan permusyawaratan ( menggunakan asas - asas musyawarah untuk mufakat )
5. keadilan rakyat — menghendaki artu keadilan yang tercipta harus mengutamakan kepentingan rakyat sesuai dengan sifat ketimuran.

3) Ir. Soekarno
Ir. Soekarno menyampaikan usulan mengenai dasar negara Indonesia pada tanggal 1 juni 1945.

sasstuds_

- rumusan yang diusulkan oleh Ir. Soekarno :
1. kebangsaan indonesia — memiliki arti yang sangat luas meliputi national state (negara kebangsaan) dalam kesatuan tanah air dan bumi indonesia.
2. internasionalisme atau perikemanusiaan — asas ini diharapkan berkembang yaitu dengan cara penghormatan atas nilai kemanusiaan dan saling menghormati dalam semangat persatuan kehidupan bangsa - bangsa.
3. mufakat atau demokrasi — asas ini memberikan / berusaha sebaik - baiknya agar segenap permasalahan yang ada dapat diselesaikan melalui musyawarah.
4. kesejahteraan sosial — asas ini menghendaki dan menginginkan tercipta suatu kehidupan yang layak bagi kemanusiaan agar rakyatnya hidup berkesejahteraan, cukup dandang, pangan, perumahan, dan keadilan bagi seluruh rakyat bangsa.
5. ketuhanan yang berkebudayaan — asas ini menghendaki agar setiap bangsa indonesia harus bertuhan, setiap orang dan warga negara bertakwa kepada tuhan menurut agama mereka dan masing masing dan saling

sasstuds_

menghormati antarumat beragama.

この回答にコメントする
疑問は解決しましたか?