Natural Sciences
國中
已解決

Jelaskan apa itu atom, termasuk pula jelaskan atom yang paling sederhana!

atom ipa

解答

✨ 最佳解答 ✨

— PENGERTIAN ATOM —

Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Sekumpulan atom demikian pula dapat berikatan satu sama lainnya, dan membentuk sebuah molekul. Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan disebut sebagai ion. Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron yang terdapat pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.

— ATOM YANG PALING SEDERHANA —

Atom yang paling sederhana adalah Hidrogen. Penjelasan selanjutnya ada di foto

留言
PromotionBanner

解答

Atom adalah partikel terkecil dari suatu materi hidup/tidak hidup. Atom dicetuskan pertama kali oleh seorang filsuf Yunani bernama Democitrus bersama gurunya Leucippus pada tahun 400-an SM. Menurutnya atom berasal dari dua kata yaitu "a" artinya tidak dan "tomos" artinya tidak dapat dibagi lagi.

Bentuknya dapat diibaratkan seperti sebuah bola dan terdiri dari 2 bagian yaitu:
•Inti atom/nukleus terdiri atas partikel bermuatan positif (proton) dan partikel tidak bermuatan (neutron).
•Kulit atom diisi oleh partikel negatif (elektron).

Atom dibagi menjadi 5 jenis model yaitu Model Atom Dalton, Model Atom Thompson, Model Atom Rutherford, Model Atom Bohr, & Model Atom Mekanika Kuantum.Diantara 5 jenis model atom tersebut, atom yang paling sederhana yaitu Model Atom Dalton, yang dikemukakan oleh John Dalton.Menurut teori atom ini, atom merupakan kesatuan terkecil yang tidak bisa dibagi-bagi lagi.Menurut model atom ini, atom merupakan bola pejal yang tidak bermuatan.
Semoga Bermanfaat🙏

atom
留言

atom adalah suatu satuan dasar materi,yang terdiri dari atas inti atom serta awan elektrom bermuatan negatif yang mengelilinginya,atom juga adalah satuan partikel paling kecil yang tidak dapat dipecah lagi.Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif,dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom hidrogen-1,yang tidak memiliki neutron).Elektron elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik.sekumpulan atom demikian pula dapat berikatan satu sama lainnya dan membentuk sebuah molekul.atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral,sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan disebut ion.atom dikelompokkan berdasarkan junlah proton dan neutron yang terdapat pada inti atom tersebut.jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut,dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.

atom yang paling sederhana adalah hidrogen,terdiri dari 1 elektron

ipa atom
留言
您的問題解決了嗎?